Digital Marketing

5 Digital Marketing Tools Gratis dan Powerful dari Google

digital marketing tools gratis

Google menyediakan banyak sekali digital marketing tools yang bermanfaat oleh digital marketer. Tools digital marketing ini sangat penting untuk digunakan agar website bisnis atau toko online kamu bisa dioptimalkan dengan maksimal.

Kegunaan dari masing-masing tools ini sangat beragam dan bisa melengkapi satu sama lainnya. Untuk mengatur strategi pemasaran produk secara digital, sangat perlu untuk mengetahui dan mengoptimalkan kombinasi beberapa tools gratis dari Google ini.

Baca juga: Kenali Apa itu Website, Pengertian, Jenis dan Contohnya

Lalu apa saja tools digital marketing gratis dari Google? Berikut kami berikan ulasannya di bawah ini:

1. Google Analytics

Google Analytics (GA) adalah sebuah tools gratis dari Google untuk menganalisa traffic pengunjung website. Dengan Google Analytics kamu dapat mengetahui pengunjung web secara real time, demografi user, sumber traffic, hingga menghitung goals conversion.

Kamu bisa menganalisa dengan baik bagaimana karakteristik dan perilaku pengunjung website bisnis online kamu, sehingga kamu dapat menjalankan campaign digital untuk melakukan pemasaran dengan efektif dan maksimal.

2. Google Tag Manager

Google Tag Manager (GTM) adalah sebuah tools yang diberikan Google secara gratis untuk dapat mengelola suatu tag pada website. Tag yang dimaksud disini bisa bermacam-macam, kamu bisa memasang script Google Analytics dan Facebook Pixel melalui Google Tag Manager.

Kamu juga dapat mengelola event untuk mengetahui user activity pada website tanpa meminta bantuan dari seorang web developer. Tag yang dapat kamu pasang pada GTM adalah jumlah klik tombol, seberapa dalam user melakukan scrolling website dan lainnya.

3. Google Search Console

Google Search Console (GSC) adalah tools digital marketing gratis dari Google untuk menganalisa traffic organik website yang datang dari Google. Tools ini sangat wajib bagi kamu yang ingin mengoptimalkan website kamu dengan SEO (Search Engine Optimization).

Baca juga: Unsur Unsur Website yang Penting Untuk Bisnis Online Kamu

Kamu dapat mengetahui keyword apa saja yang mendatangkan traffic ke web kamu, jumlah klik pada suatu query, dan banyak lagi fungsi lainnya yang sangat powerful.

Dengan Google Search Console juga dapat mengetahui seberapa baik site health dan seberapa mobile friendly website kamu pada perangkat mobile.

4. Google Trends

Google Trends adalah tools digital marketing dari Google yang berfungsi untuk melakukan riset kata kunci atau topik yang sedang populer secara gratis. Tools ini sangat simple dan mudah penggunaannya tetapi sangat powerful.

Kamu dapat mencari perbandingan dari beberapa kata kunci seberapa banyak yang mencari pada kata kunci tersebut di Google. Kamu juga dapat mengetahui kata kunci yang kamu cari sedang mengalami tren yang naik atau turun.

5. Google My Business

Google My Business (GMB) adalah sebuah digital marketing tools gratis dari Google agar konsumen mudah mencari lokasi bisnis kamu. GMB juga dapat menambahkan informasi bisnis kamu seperti deskripsi produk/layanan, jadwal buka dan tutup, alamat website, nomor telepon, foto-foto produk/layanan dan lainnya.

Konsumen juga dapat memberikan review positif dengan memberikan rating dan ulasan kepada bisnis kamu agar bisnis kamu terlihat lebih bernilai. Pada tahun 2022, Google My Business menambahkan fitur terbaru live chat untuk dapat berinteraksi langsung dengan konsumen.

Jangan lupa untuk mengisi semua informasi tentang bisnis kamu. Pastikan juga kamu melakukan verifikasi bisnis melalui email yaa!

Itulah 5 rekomendasi tools untuk digital marketing secara gratis dari Google dari Impactly yang bisa kamu optimalkan untuk bisnis kamu. Pilih tools yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan bisnis kamu. Jika memungkinkan kombinasikan semuanya secara perlahan.

Jika ada yang masih kurang atau belum disebutkan boleh berikan komentar di bawah yaa. Silahkan mencoba dan semoga berhasil!

Pandy Apriyandi

About Author

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Artikel

istilah digital marketing
Digital Marketing

Yuk, Kenali Istilah Digital Marketing yang Sering Digunakan

Digital marketing merupakan strategi kegiatan pemasaran menggunakan platform digital melalui akses internet. Tujuan dari promosi digital ini adalah untuk mendapatkan
contoh kalimat majemuk setara dan bertingkat
Digital Marketing

Kalimat Majemuk Setara dan Bertingkat Beserta Contohnya

Dalam menyusun sebuah kalimat atau paragraf, kamu dapat menggabungkan dua kalimat atau lebih menjadi satu kesatuan kalimat tunggal. Kombinasi kalimat