Teknologi

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet dan Solusinya

faktor kecepatan internet

Kecepatan internet merupakan kecepatan dalam melakukan pengiriman data antar device saat terhubung dengan jaringan internet. Kecepatan akses internet berupa banyaknya bit data dari satu device ke device yang lainnya.

Koneksi internet yang lambat memang menyebalkan, saat sedang menikmati browsing, streaming, ataupun mengerjakan aktivitas secara online lainnya mendadak koneksi internet ngelag/melambat dan bahkan down/terputus dari server.

Ternyata ada banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi cepat dan lambatnya kecepatan internet yang kita gunakan.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Sering mengalami internet yang lambat? Berikut faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet:

1. Daerah Lokasi User

Salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet adalah lokasi yang digunanakan user untuk menggunakan internet. Lokasi daerah dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya kecepatan sebuah internet. Hal ini karena bergantung kepada seberapa kuat dan seberapa banyak tower provider pada daerah tersebut.

Baca juga: Kenali Teknologi Virtualisasi dan Fungsinya dalam IT

Misalnya saja provider A mempunyai akses internet yang cepat pada kota A, mulai dari kecepatan hingga kestabilan yang kuat. Tetapi saat berpindah ke kota B, kecepatan internet pada provider A jadi melambat, karena tidak mempunyai jaringan yang kuat pada kota B.

Gunakan provider yang mempunyai jaringan internet yang kuat sesuai dengan tempat dan lokasi kamu menggunakan internet tersebut.

2. Material Sekitar Ruangan

Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet lainnya adalah material ruangan yang digunakan untuk mengakses internet. Beberapa material yang menghalangi masuknya sinyal seperti ruangan dengan banyaknya material seng, marmer, atau tembok yang tebal.

Solusinya adalah kurangi material yang bisa menghalangi masuknya sinyal internet. Untuk tembok yang tebal bisa menggunakan router yang lebih kuat atau menggunakan kabel LAN (untuk komputer) sebagai alternatifnya.

3. Suhu Router/Modem Panas

Internet yang suka tiba-tiba putus atau ping yang tinggi bisa terjadi karena modem/router mengalami hang. Hal ini karena suhu router/modem yang panas mengakibatkan menurunnya kecepatan bahkan hingga terputusnya internet.

Jika modem/router sudah panas, kamu bisa mematikkannya terlebih dahulu dan nyalakan kembali setelah 5-10 menit. Memindahkan modem/router ke ruangan dengan suhu yang lebih dingin juga bisa menjadi solusi yang baik. Jika mempunya budget yang cukup, kamu bisa membeli router yang lebih kuat dan tidak mudah panas.

4. Router/Modem yang Lemah dan Standar

Menggunakan router bawaan provider atau modem standar biasanya mempunyai keterbatasan seperti jangkauan yang tidak luas, jaringan yang lemah, hingga cepat panas. Jika mempunyai budget yang cukup, upgrade modem dengan yang lebih kuat atau bisa juga dengan menghubungi pihak provider untuk mengupgrade router bawaan.

5. Besarnya Bandwith

Bandwith merupakan kapasitas pada kabel yang digunakan untuk mengalirkan data dalam jaringan internet yang mempunyai satuan ukuran Hertz. Semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP/provider, maka kecepatan internet juga akan menjadi semakin cepat.

Jika internet kamu merasa lambat, bisa jadi karena paket internet yang kamu gunakan mempunyai bandwith yang kecil. Gunakan bandwith yang sesuai dengan kebutuhan, bila perlu hubungi pihak penyedia provider internet untuk melakukan upgrade bandwith yang lebih besar.

6. Cuaca yang Buruk

Cuaca yang buruk juga bisa menjadi faktor menurunnya kecepatan internet. Sering kali saat cuaca buruk sangat mengganggu aktifitas saat berinternet. Namun saat ini sudah banyak provider yang mempunyai layanan paket internet tanpa khawatir mendapatkan gangguan dari keadaan cuaca yang buruk.

7. Jumlah Pengguna yang Mengakses Modem Bersamaan

Terlalu banyaknya pengguna yang menggunakan modem internet secara bersamaan bisa mengurangi dan menghambat kecepatan dari internet, entah pada area tempat umum maupun internet wifi di rumah. Hal ini biasa terjadi di jam-jam yang sibuk. Gunakanlah waktu yang lebih sepi untuk mengakses internet agar kecepatan internet bisa lebih cepat dan lancar.

8. Paket Internet yang Digunakan

Cek paket internet yang kamu gunakan, apakah paket data yang kamu beli merupakan internet unlimited yang kecepatannya dikurangi setelah batas kuotanya habis? apakah paket internet kabel yang kamu gunakan mempunyai kecepatan bandwith yang rendah dengan kapasitas user yang sedikit? Jika iya, hal ini juga bisa mempengaruhi kecepatan dari internet itu sendiri.

Jika kebutuhan kamu memang lebih banyak dan mempunyai budget yang cukup, gunakanlah paket data yang mempunyai kuota lebih banyak atau upgrade paket internet kabel yang lebih tinggi dengan menyesuaikan kebutuhan.

9. Jaringan Komunikasi yang Digunakan

Cek jenis jaringan komunikasi yang sedang digunakan atau aktif pada device handphone kamu. Apakah menggunakan jaringan 5G, 4G, Hsdpa+, 3G, atau bahkan gprs? Jika yang sedang aktif adalah gprs, maka wajar kecepatan internet kamu menjadi lambat. Hal ini karena kamu berada di area yang lemah sinyal internet. Cari tempat yang lebih tinggi atau mempunyai area yang luas, karena tempat tersebut biasanya mempunyai area jaringan yang lebih baik.

10. Overload Traffic Website

Website yang sedang down disebabkan karena banyaknya traffic yang masuk karena terlalu banyak user yang mengakses website tersebut dalam waktu yang bersamaan. Hal ini terjadi karena penuhnya lalu lintas internet yang membuat switch, router, hingga memori pada server penuh dan tidak bisa menampung banyaknya user yang berkunjung. Gunakanlah waktu selain saat trafficnya sedang padat.

11. Kecepatan dari Sebuah Website

Pernah mengalami loading yang lama saat sedang mengunjungi sebuah website? Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari server website yang menggunakan spek yang rendah, banyaknya user yang sedang mengakses sehingga mempunyai server penuh, konten yang ada di website mempunyai ukuran gambar/konten yang besar, dan alasan non teknis lainnya.

Baca juga: Kenali Apa itu Website, Pengertian, Jenis dan Contohnya

12. Penggunaan VPN versi Gratis

Penggunaan VPN sebagai ekstensi atau aplikasi pihak ketiga pada browser biasanya digunakan oleh user untuk mengakses suatu website yang diblokir oleh pemerintah setempat. Tetapi hal ini bisa membuat internet menjadi lambat dikarenakan jalur internet menggunakan server dari negara lain yang jauh.

Apabila kamu sering menggunakan VPN dan menjadi sebuah kebutuhan, maka gunakanlah VPN versi berbayar. Dengan menggunakan VPN berbayar kamu dapat mengakses internet menggunakan server terdekat dengan kecepatan yang lebih cepat.

13. Penggunaan Tab Browser yang Banyak

Saat sedang menikmati browsing biasanya kita membuka banyak halaman web dengan membuka tab yang banyak pada browser. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap kecepatan internet. Contohnya saja saat kita membuka 3 tab youtube sekaligus, hal ini bisa membuat koneksi internet menjadi lebih lambat karena kecepatan internet yang terbagi menjadi 3 tab tersebut untuk melakukan streaming video.

Semakin banyak isi konten dalam web yang kita kunjungi maka semakin melambat kecepatan akses internetnya. Dan web yang berisikan gambar akan lebih berat jika dibandingkan dengan yang isinya hanya teks saja. Maka jika ingin membuka tab yang banyak bukalah yang ringan saja dan jika ingin membuka yang banyak kontennya atau ingin buffering maka bukalah tab seperlunya.

14. Browser Tidak Pernah Diupdate

Banyak aplikasi browser yang digunakan untuk mengakses internet, seperti Chrome, Firefox, Chrome, Edge, dan lainnya. Dengan menggunakan browser versi lama yang belum di update akan mempengaruhi kecepatan internet. Update browser kamu ke versi terbaru supaya bisa menggunakan akses internet yang lebih cepat.

Itulah faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan dari suatu internet. Memiliki jaringan internet yang cepat dimanapun kamu berada memang sangat dibutuhkan untuk mendukung segala macam aktivitas. Gunakanlah paket internet yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Pandy Apriyandi

About Author

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Artikel

cyber crime adalah
Teknologi

Waspada! Begini Jenis Jenis Cyber Crime dan Pengertiannya

Ketika sedang mengakses internet, kamu perlu waspada kejahatan yang ada di dunia maya yaitu cyber crime. Alih-alih kamu sedang asik
virtualisasi adalah
Teknologi

Kenali Teknologi Virtualisasi dan Fungsinya dalam IT

Seiring perkembangan jaman, teknologi informasipun semakin berkembang pesat. Pesatnya kemajuan teknologi membuat kebutuhan hidup semakin mudah. Salah satu teknologi yang