Web Development

Kenali 7 Fungsi Website yang Penting dan Contohnya, Wajib Tahu!

apa fungsi website

Website merupakan bagian penting dalam perkembangan dunia teknologi informasi. Website mempunyai banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah sebagai media informasi yang bisa dicari banyak orang melalui device handphone atau komputer dimanapun dan kapanpun asalkan terhubung dengan internet.

Calon customer dapat dengan mudah menemukan informasi sebuah bisnis online dari internet secara lengkap hanya dengan menggunakan device hp dimanapun mereka berada. Bahkan peran website saat ini pun sudah sangat berubah. Web tidak hanya untuk menampilkan informasi tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana belanja online.

Baca juga: Unsur Unsur Website yang Penting Untuk Bisnis Online Kamu

Lalu apa fungsi dari website lainnya? berikut akan diulas secara lengkap di bawah ini.

7 Fungsi Website Secara Umum

Perkembang website menjadikannya mempunyai banyak fungsi yang penting dalam memudahkan aktivitas sehari-hari. Secara umum fungsi dari website terbagi menjadi 7, diantaranya adalah

1. Website Sebagai Sarana Informasi

Fungsi dari website yang pertama adalah sebagai sarana untuk menampilkan dan menyediakan suatu informasi. Informasi yang bisa ditampilkan pada sebuah web bisa berupa teks, grafik, suara, animasi, hingga video. Dengan menampilkan konten yang baik akan membuat web lebih menarik banyak pengunjung.

Contoh penerapan fungsi website sebagai sarana informasi adalah website portal berita, blog dan company profile.

2. Website untuk Sarana Komunikasi

Situs web yang mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya merupakan situs web dinamis yang artinya konten pada web tersebut sering mengalami perubahan. Jenis situs web ini biasanya menggunakan database untuk menyimpan data komunikasi. Ciri utama web yang bisa melakukan komunikasi mempunyai fitur utama seperti komentar, chat, dan form contact.

Contoh web sebagai sarana komunikasi adalah sosial media, web forum, blog, dan web lain yang mempunyai fitur chat dan komunikasi.

3. Website untuk Melakukan Transaksi

Pada web toko online atau e-Commerce, sebuah situs dapat melakukan transaksi jual beli secara online. Yang dapat ditransaksikan pun bisa bermacam-macam, seperti barang, jasa, atau bahkan saham sekalipun. Metode pembayarannya pun beragam, mulai dari menggunakan transfer bank, virtual account, kartu kredit, hingga menggunakan fitur COD (Cash On Delivery).

Contoh website yang dapat melakukan transaksi adalah Tokopedia, Shopee, dan web toko online lainnya.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol, Kamu Wajib Tau!

4. Website Sebagai Fungsi Hiburan

Website juga bisa memiliki fungsi sebagai sarana hiburan atau entertainment. Ciri utama website sebagai sarana hiburan adalah dapat menampilkan live streaming berupa video atau audio dan juga dapat memainkan sebuah game. Pengguna dapat mengunduh sebuah gambar, audio, maupun video ke dalam web tersebut.

Contoh dari web hiburan adalah sosial media, Youtube, Spotify, dan game online berbasis website.

5. Website Sebagai Media Penyimpanan Online

Website dapat melakukan penyimpanan data mulai dari jumlah data yang kecil hingga data yang berjumlah besar dengan lebih dari 1TB. Data yang disimpan akan masuk ke sebuah cloud storage agar bisa diakses melalui internet. Untuk dapat melakukan penyimpanan data yang lebih besar biasanya membutuhkan biaya langganan secara bulanan atau tahunan.

Contoh web yang menyediakan penyimpanan data secara online adalah Google Drive, iCloud, dan lainnya.

6. Website Penyedia Iklan

Fungsi website sebagai penyedia iklan banyak digunakan oleh pelaku bisnis online dan digital marketer. Hal ini bertujuan untuk melakukan promosi terhadap produk/jasa mereka. Fitur pada web penyedia iklan pun beragam, seperti menyediakan iklan dalam bentuk gambar, video, dan keyword. Target marketnya juga bisa disesuaikan seperti interest, lokasi, umur, dan lainnya.

Contoh web sebagai penyedia iklan adalah Google Ads (dulunya Adwords) dan Meta Ads (sebelumnya Facebook Ads).

Baca juga: Yuk, Kenali Istilah Digital Marketing yang Sering Digunakan!

7. Website Sebagai Editor Online

Perkembangan dunia digital saat ini membuat fungsi web semakin berkembang seperti dapat menjadikannya sebagai editor online. Sekarang ini banyak web yang dapat melakukan editing gambar dan editing video. Tentunya hal ini dapat membantu pekerjaan dengan lebih mudah tanpa perlu menginstall aplikasi software editing.

Contoh website yang bisa melakukan editing secara online adalah Canva, Veed.io, dan lainnya.

jasa hosting web

Pandy Apriyandi

About Author

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Artikel

Web Development

Kenali Apa itu Website, Pengertian, Jenis dan Contohnya

Banyak sekali website yang bisa ditemukan di era digital ini dimana saat ini jumlahnya sudah mencapai lebih dari 1,9 miliar
pengertian website menurut para ahli
Web Development

Pengertian Website Menurut Para Ahli dan Sejarahnya

Website merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan dunia digital khususnya internet. Tetapi tahukah kamu pertama kali website dirancang