Bisnis Online

Alasan COD (Cash On Delivery) Banyak Disukai Pembeli

cod cash on delivery

Pada awalnya, sistem COD merupakan cara pembayaran yang dilakukan secara tunai saat beli barang online melalui FJB Kaskus. Pihak penjual dan pembeli akan ketemuan di suatu tempat, dimana lokasi tersebut akan dijadikan sebagai tempat melakukan transaksi.

Tempat yang dijadikan untuk ketemuan saat melakukan transaksi, biasanya lokasi tersebut berada di tengah-tengah antara penjual dan pembeli. Orang-orang menyebutnya dengan istilah CODan.

Lalu, apa itu cash on delivery dan kenapa banyak orang menyukai pembayaran COD ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu Cash On Delivery?

Cash On Delivery atau COD adalah metode pembayaran bayar di tempat yang dilakukan pihak pembeli saat melakukan belanja online di e-Commerce atau marketplace. Pembeli akan membayar paket ketika barang telah sampai tujuan setelah diantarkan oleh kurir dari jasa ekspedisi yang bisa COD.

Berdasarkan data statistik E-Commerce pada tahun 2020 sistem COD merupakan metode pembayaran yang paling favorit dan paling banyak digunakan oleh pembeli saat melakukan belanja online yaitu sebanyak 73,04%.

Alasan Menggunakan dan Memilih COD

Terdapat beberapa alasan sehingga metode pembayaran COD ini banyak digunakan dan jadi pembayaran yang paling disukai, diantaranya adalah:

1. Sistem Pembayaran COD Lebih Aman

Banyak pembeli menyukai dan memilih metode pembayaran COD karena merasa lebih aman dibanding dengan pembayaran lainnya. Hal ini karena pembeli dapat memastikkan barangnya sampai di tujuan dan bisa membayar paket di tempat. Jadi pembeli tidak perlu merasa khawatir akan kena tipu.

2. Cara Bayar yang Lebih Simple

Sistem COD mempunyai cara bayar yang sangat mudah saat belanja online di marketplace atau e-Commerce. Pembeli hanya perlu memilih metode pembayaran COD ketika checkout, lalu tinggal menunggu paket diantarkan pihak kurir ke rumah dan bayar di tempat.

3. Pembeli Tidak Perlu Rekening Bank

Saat ini banyak pembeli di marketplace atau toko online yang di bawah umur dan bertempat tinggal di pedesaan yang jauh dari bank, sehingga lebih sulit untuk membuka rekening bank untuk melakukan transaksi online. Hal ini yang membuat banyak pembeli lebih memilih untuk menggukanan COD sebagai metode pembayaran.

4. Tidak Perlu Repot ke ATM

Banyak konsumen yang merasa repot untuk berjalan terlebih dahulu ke ATM, karena beberapa dari mereka yang tidak mempunyai akun m-banking. Dengan adanya pilihan COD pada sistem pembayaran saat belanja online, maka konsumen lebih menyukai metode cash on delivery untuk melakukan transaksi.

5. Tidak Membutuhkan Dompet Digital

Selain banyak konsumen yang tidak mempunyai akun m-banking, beberapa dari mereka juga tidak mempunyai akun dompet digital untuk dapat melakukan pembayaran. Sehingga pengguna tetap lebih memilih pembayaran COD dibanding lainnya, karena tidak perlu ribet untuk membuat dompet digital.

Nah itukah beberapa alasan pembeli memilih cod dalam bertransaksi, apakah kamu masuk kategori salah satunya? sharing pengalamanmu saat belanja online di kolom komentar ya!

Pandy Apriyandi

About Author

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Artikel

cara memulai bisnis online dari nol
Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol, Kamu Wajib Tau!

Di era yang sudah digital ini siapapun dapat memulai bisnis online dari nol dengan berbagai cara. Bahkan untuk melakukannya bisa